Pesta Siaga Pramuka diikuti 860 Siswa Dari Berbagai Daerah Di Jepara

Sebanyak 860 siswadan siswi se-kabupaten Jepara dari 86 barung perutusan dari 15 Kwartir Ranting (Kwarran) di Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, bersaing dalam berbagai macam lomba dan ketangkasan pada Pesta Siaga Pramuka Tahun 2019. Kegiatan tersebut bertempat di seputaran Stadion Gelora Bumi Kartini (SGBK) Jepara, Rabu (16/1).

Sejumlah lomba yang digelar, di antaranya ketakwaan, keimanan, atribut, kecerdasan, simpul dan ikatan, serta kompas. Kegiatan ini juga bertujuanuntuk mengasah keterampilan dan kedisiplinan para anggota pramuka, yang selama ini juga dibina di Gugus Depan (Gudep) masing-masing.

Bunda Pramuka Siaga Kwarcab Jepara, Chuzaemah Ahmad Marzuqi mengatakan kegiatan ini juga diharapkan para anggota Pramuka sejak dini dapat memiliki kedisiplinan dan keterampilan. Dalam rangka kesiapan mereka menerima tongkat estafet pembangunan yang akan datang. “Semangat bekerja keras dan saling membantu juga bisa terwujud melalui Pesta Siaga ini. Serta yang tak kalah penting, kelak kalian akan memiliki sifat-sifat kepemimpinan yang bijaksana dan bertanggung jawab,” ujar dia.

Sementara untuk para pembina, ia meminta agar memberikan pemahaman kepramukaan dengan lebih maksimal. Sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan dan dijadikan kegiatan tahunan Gerakan Pramuka Kwarcab Jepara,” imbuh Chuzaemah Ahmad Marzuqi.

Selain juga dalam rangka mengembangkan Kurikulum 2013. “Memberi wadah yang terarah dalam kegiatan peserta didik, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta mengembangkan diri di Gudepnya masing-masing,” ujar dia.

Sementara itu Ketua panitia penyelenggara Pesta Siaga, yang juga Wakil Ketua (Waka) Bidang Binamuda Gerakan Pramuka Kwarcab Jepara Sudarwanto. Menjelasakan, kegiatan ini hampir setiap Kwarran mengikuti ajang yang digelar setahun sekali, kecuali Kwarran Karimunjawa. Hal ini dikarenakan letak geografis dan cuaca yang tidak memungkinkan. “Selain 86 orang pembina damping, dan 15 orang dari 15 Kwarran se-Kwarcab Jepara. Peserta anak terdiri dari, 430 anak peserta putra dan 430 anak peserta putri, yang terbagi dalam 43 barung putra dan 43 barung putri,” kata Sudarwanto.

Kegiatan Pesta Siaga Gerakan Pramuka Tahun 2019 berlangsung, mulai pagi hingga sore hari. Kegiatan ini juga diakhiri dengan pembagian hadiah dan trofi bagi para pemenang. Para pemenang dalam ajang ini, nantinya akan mewakili Kwarcab Jepara dalam kegiatan Pesta Siaga tingkat Binaan Wilayah (Binwil) Kabupaten Pati.

Sumber : Diskominfo Jepara
LihatTutupKomentar
Cancel