Bentuk Program 2019, PMI Jepara Gelar Musyawarah Kerja

Dalam rangka evalusi pelaksanaan kerja dan anggaran pendapatan dan belanja sebelumnya, serta menyusun rencana kerja dan anggaran pendapatan atau belanja tahun 2019. Palang Merah Indonesia (PMI) Jepara menggelar Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Jepara, di Lantai 2 Aula PMI Jepara, Selasa (19/2).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi, Ketua PMI Sutedjo S. Sumarto, Pengurus PMI kecamatan, relawan desa, KSR, TSR, dan PMR.

Ketua PMI Jepara Sutedjo S. Sumarto, ada beberapa program khusus yang akan dilaksanakan di tahun 2019, meliputi satu desa dua relawan, yang akan direalisasikan melalui pembentukan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat). Pendistribusian bantuan sosial dan korban bencana, memanfilitasi disabilitas dan kapasitas, dalam menghadapi bencana. Meningkatkan kompetensi SDM PMI melalui diklat relawan, latgab, dan Jumbara (Jumpa, Bhakti, dan Gembira) IV.

Selain itu nantinya juga akan mengikuiti sertifikasi pelatif, dan pelaku penanggulangan bencanamelalui LSP, PB,serta penghargaan dan temu donor darah sukarela,” ini dengan tujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kinerja PMI,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara Dian Kritiandi mengatakan, sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan beragam tugas, PMI telah melaksanakan programnya dengan baik. Tidak hanya baik dalam melaksanakan tugasnya dalam mengantisipasi dampak pra dan paska bencana saja, namu juga dalam hal konsisten dalam menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat, serta penggalangan dana untuk korban gempa di Lombok Nusa Tenggara Timur, Tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi, Donggala, dan Tsunami di Banten maupun Lampung. “ini juga menjadi bukti tingkat kepedulian sosial dan kepercayaan masyarakat jepara terhadap PMI semakin baik,” katanya.

Selain itu, terkaitt dengan jumlah relawan yang ada saat ini, berjumlah 158 orang yang tersebar di 47 desa. Wabub menganggap masih kurang, dan berharab agar PMI menambah relawan. Karena idealnya untuk 195 desa dan kelurahan yang ada diwilayah Kota Ukir setidanya ada dua relawan setiap desa, atau sedikitnya 390 relawan sewilayah Jepara. “kedepan saya berharap untuk diadakan kaderisasi relawan lebih masih lagi,” imbuhnya.

Sumber : Diskominfo Jepara

0 Response to "Bentuk Program 2019, PMI Jepara Gelar Musyawarah Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel