Rata-rata 25 PNS di Jepara Masuk Masa Pensiun, Sebagian Besar didominasi Guru SD

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kabupaten Jepara, setiap bulannya berkurang 25 orang. Para ASN tersebut telah  memasuki masa pensiun dan tidak bisa lagi memberikan tenaga untuk pelayanan masyarakat.

Diyar Susanto selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara,  menyatakan sebagian besar yang masuk masa pensiun adalah para guru.

“Tidak mengherankan jika saat ini di Jepara, jumlah guru PNS di Kabupaten Jepara, khususnya di sekolah dasar, jumlahnya semakin berkurang,” ujar Diyar Susanto, Sabtu (1/6/2019).

Pada bulan Mei 2019, Pemkab Jepara memberikan Surat Keputusan (SK) pensiun kepada 27 ASN. Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan SK Pensiun tersebut pada Jumat (31/5/2019) pagi.

Selain menerima SK pensiun para ASN juga diberikan beberapa hak pensiunnya. Antara lain, kartu identitas pensiun, tabungan hari tua, uang pensiun pertama, serta tabungan perumahan.

Sebanyak 27 penerima SK pensiun ini, sudah lama mengabdi dengan masa kerja antara 30 hingga 40 tahun. Termasuk yang menerima SK adalah Kepala Diskominfo Kabupaten Jepara, Yoso Suwarno.

Yoso Suwarno menyatakan dirinya bersyukur bisa menyelesaikan pengabdian sebagai PNS di Pemkab Jepara. Dirinya sudah memberikan 39 tahun lebih delapan bulan masa kerja sebagai ASN di Pemkab Jepara.

“Saya mengawali karier saya 1 Oktober 1979, sebagai staf di Kecamatan Karimunjawa. Bermodal ijazah STM kelistrikan, saya mengawali pengabdian sebagai petugas pelayanan listrik disana. Dan terakhir saya menjadi Kadinas Diskominfo,” pungkasnya.
LihatTutupKomentar
Cancel